Jumat, 28 Februari 2014

Percakapan Bahasa Arab tentang Makanan dan Minuman

بسم الله الرحمن الرحيم 

 

الحِوَارُ عَنِ الطَّعَامِ وَ الشَّرَابِ  

لِـ : منهج الدين زهودي



أحمد : السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ 

سالم : وَ عَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ 

أحمد : كَيْفَ حَالُكَ اليَوْمَ يَا أَخِيْ؟

سالم : أَنَا بِخَيْرٍ. الحَمْدُ لِلهِ. وَ كَيْفَ حَالُكَ أَنْتَ يَا أَخِيْ؟ 

أحمد : الحَمْدُ لِلهِ. أَنَا بِخَيْرٍ كَذَالِكَ

سالم : هَيَّا نَتَكَلَّمُ عَنِ الطَّعَامِ وَ الشَّرَابِ

أحمد : آهْ. فِكْرَةٌ طَيِّبَةٌ

سالم : كَمْ وَجْبَةً تَأْكُلُ فِي اليَوْمِ يَا أَحْمَدْ؟ 

أحمد : آكُلُ ثَلاَثَ وَجَبَاتٍ : الفَطُوْرَ.. الغَدَاءَ.. وَ العَشَاءَ. وَ كَمْ وَجْبَةً تَأْكُلُ فِيْ اليَوْمِ؟ 

سالم : أَنَا آكُلُ وَجْبَتَيْنِ فِيْ اليَوْمِ

أحمد : مَاذَا تَأْكُلُ وَ تَشْرَبُ فِيْ الفَطُوْرِ؟ 

سالم : آكُلُ الأَرُزَّ وَ الدَّجَاجَ و السَّلَطَةَ وَ أَشْرَبُ المَاءَ وَ أَحْيَانًا الشَّايَ. وَ مَاذَا تَأْكُلُ فِيْ الفَطُوْرِ؟  

أحمد : آكُلُ الأَرُزَّ وَ الخَضْرَوَاتَ وَ السَمَكَ وَ الفَاكِهَةَ

سالم : وَ مَاذَا تَشْرَبُ فِيْ الفَطُوْرِ؟

أحمد : أَنَا أشْرَبُ المَاءَ وَ اللَّبَنَ. الحَمْدُ لِلهِ

سالم : الحَمْدُ لِلهِ. لاَ بُدَّ عَلَيْنَا أَنْ نَأْكُلَ وَ نَشْرَبَ الأَطْعِمَةَ وَ الأَشْرِبَةَ حَلاَلاً طَيِّبًا وَ صِحِّيِّيًّا

أحمد : نَعَمْ. صَحِيْحٌ جِدًّا

 

 

 

 Percakapan tentang Makanan dan Minuman

Oleh: Manhajuddin Zuhudi



Ahmad: Assalamu'alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh

Salim: Wa'alaikumus Salam wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh 

Ahmad: Bagaimana kabarmu wahai saudaraku?

Salim: Saya dalam keadaan baik. Alhamdulillaah. Bagaimana kabarmu juga wahai saudaraku?

Ahmad: Alhamdulillaah. Saya juga dalam keadaan baik. 

Salim: Mari kita berbicara tentang makanan dan minuman.

Ahmad:  Ok. Ide yang bagus.

Salim: Berapakah porsi makananmu dalam sehari?

Ahmad: Saya makan tiga kali dalam sehari. Sarapan.. makan siang.. dan makan malam. Berapa kali kamu makan dalam sehari?

Salim: Saya makan dua kali dalam sehari. 

Ahmad: Apa yang kamu makan dan minum di saat sarapan? 

Salim: Saya makan nasi.. ayam.. dan sambal dan saya minum air putih dan kadang-kadang teh. Lalu apa yang kamu makan saat sarapan?

Ahmad: Saya makan nasi.. sayuran.. ikan.. dan buah-buahan. 

Salim: Lalu apa yang kamu minum di saat sarapan? 

Ahmad: Saya minum air putih dan susu. Alhamdulillaah.

Salim: Alhamdulillaah. kita memang harus makan dan minum makanan-makana dan minuman-minuman yang halal.. baik dan menyehatkan. 

Ahmad: Ya. Benar sekali.

 

الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ 

 

~Semoga Bermanfaat~

   آمين يَـالله 


 


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar