Minggu, 30 Maret 2014

Hal~hal Penting lain Seputar Ilmu

بسم الله الرحمن الرحيم

 

Hal~hal Penting lain Seputar Ilmu 

          Berikut saya tuliskan beberapa hal penting seputar dengan Ilmu yang juga harus diketahui bagi para penuntut ilmu. 

[1] Setiap pelajar hendaknya harus rakus dalam mempelajari ilmu dan tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah didapatkannya.

[2] Setiap pelajar harus selalu bersikap rendah hati dan tidak sombong terkait dengan ilmu-ilmu yang telah dipelajarinya.

[3] Hal-hal penting yang harus ditempuh oleh setiap pelajar adalah mendengarkan, memahami, mengamalkan, dan menyampaikannya. Sesungguhnya Nabi Muhammad صلى الله عليه و سلم mendoakan kebaikan bagi orang yang mendengar ucapannya, kemudian memahami, menghafal, dan mendakwahkannya kepada orang lain.

[4] Setiap pelajar juga hendaknya harus mengkaji ilmunya, mambahas, dan menuliskannya dalam buku hingga mampu meraih ilmu yang banyak dan melimpah sehingga hati dan pikiran bisa mengambil manfaat dan faidah darinya. 

[5] Setiap pelajar juga harus memiliki akhlak yang baik terhadap gurunya dan juga temannya. 

[6] Ibnu Qayyim juga menyebutkan tentang sifat dasar bagi seorang pelajar adalah mengerahkan daya dan tenaga semaksimal mungkin, jujur dalam mencari ilmu, dan lurus niatnya, karena kebahagiaan dalam menuntut ilmu tidak akan dapat diraih kecuali dengan mengerahkan daya dan tenaga, jujur dalam pencarian dan lurus dalam niatnya. (Miftah Darus Sa'adah: 1 / 108).

*Referensi Bacaan:

Buku Agenda Pelajar Muslim [Menuju Pelajar Muslim Berprestasi]. 

الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

 

~Semoga Bermanfaat~

آمين يــالله 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar