Minggu, 20 Juli 2014

Bulan Suci Ramadhan yang Sangat Mulia dan Diberkahi

بسم الله الرحمن الرحيم

 

شَـهْرُ رَمَضَـانَ الْكَـرِيْـم وَ الْمُبَـارَك

 

Ditulis oleh: Manhajuddin Zuhudi

23 Ramadhan 1435 H


          Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu dan dinantikan oleh Umat Islam sejagad raya di muka bumi ini. Bulan suci yang sangat mulia, banyak limpahan pahala dari Allah 'Azza wa Jalla yang sangat berlipat ganda, banyak juga keberkahan dan ampunan dari-Nya. 

~Subhaanallaah~

 

          Umat Islam sangat dituntut untuk benar-benar memanfaatkan waktu di bulan yang sangat mulia ini dengan sebaik-baiknya, terlebih di sepuluh hari terakhir bulan suci Ramadhan seperti saat ini. Pada sepuluh hari terakhir bulan suci Ramadhan terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan yang disebut 'Lailatul Qadar' لَيْـلَـةُ الْقَـدْرِ sebagaimana juga kata tersebut termaktub bahkan telah Dijadikan Allah 'Azza wa Jalla menjadi nama surah di dalam Al-Qur'an Al-Karim. 

~Subhaanallaah~

 

          Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ sudah berpesan kepada umatnya dengan memcontohkan untuk mengencangkan sabuknya dan sarungnya sebagaimana terdapat pada hadis beliau. Maksud dari mengencangkan sabuknya dan sarungnya tersebut adalah bahwa Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ apabila sudah masuk di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan beliau benar-benar sangat memfokuskan untuk beribadah kepada Allah Ta'ala dengan penuh kesungguhan. Terlebih pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan terdapat satu malam yang sangat mulia dan diagungkan yaitu malam Lailatul Qadar. Berdasarkan pada buku Fiqih I'tikaf yang pernah penulis baca, malam Lailatul Qadar itu akan datang pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan. Di antara malam-malam itu adalah pada tanggal 21, 23, 25, 27, dan 29 yang telah dijadikan landasan kuat terdapatnya satu malam Lailatul Qadar yang apabila kita mendapatinya dan melakukan Qiyamul Lail atau menghidupkan malam tersebut untuk bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah dengan Ikhlas hanya karena-Nya, maka kita sama dengan beribadah selama seribu bulan lamanya. 

~Subhaanallaah~

 

          Mudah-mudahan kita Dikaruniai oleh Allah 'Azza wa Jalla nikmat kemudahan-kemudahan, kelancaran-kelancaran, dan juga nikmat mendapatkan dan bisa menggapai serta memanfaatkan momentum luar biasa hebatnya yaitu malam Lailatul Qadar tersebut khususnya untuk saat ini adalah pada bulan suci Ramadhan 1435 Hijriah ini yang sedang kita jalani. Aamiin Yaa RABB al~'Aalamiina.

 

~Semoga Bermanfaat~

آمِيْـن يَـالله يَـا مُجِيْـبَ السَّـائِلِيْـنَ

وَ بِرَحْـمَتِكَ يَـا أَرْحَـمَ الرَّاحِـمِيْـنَ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar