Jumat, 31 Januari 2014

Mengenali Diri

بسم الله الرحمن الرحيم

 

Mengenali Diri

Ditulis oleh: Manhajuddin Zuhudi


          Mengenali diri berarti kita harus mengenali diri dan kelebihan pada diri kita yang telah Dikaruniakan ALLAH SWT kepada kita. Kemudian kita mampu memfungsikan kelebihan tersebut dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan tempatnya. Baik berupa ilmu, potensi, pekerjaan, atau profesi. Hal itu sangat penting karena setiap manusia pasti telah mengetahui dan memiliki bakat dan keahliannya masing-masing. 

          Karakteristik setiap orang berbeda-beda, maka bagi orang yang berakal dan mau berpikir hendaknya mendalami bidang yang dirasa paling mampu untuk ia tekuni dan pelajari secara mendalam sehingga mampu untuk dikuasai dengan baik, karena setiap manusia akan Dimudahkan oleh ALLAH SWT pada setiap apa yang telah diciptakan untuknya. Apabila Anda membaca sejarah dan kisah kehidupan para Sahabat Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam. Maka Anda akan mendapati bahwa masing-masing dari mereka [Sahabat-sahabat Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi Wa Sallam] memiliki profesi dan keahlian masing-masing di bidangnya. 

         Menjadi hal yang sangat penting bagi kita untuk mencari keahlian yang ada pada diri kita, serta mengenali kemampuan, kecintaan, dan kecenderungan kita terhadap apa yang dapat kita lakukan. Sebuah buku apa pun itu bukunya hanyalah bisa mengajari kita tentang hikmah dan kebijaksanaan, tetapi buku itu tidak bisa mencetak orang yang bijaksana.Orang-orang yang telah menjadi pakar dan ahli pada bidang-bidang tertentu, mereka tidak hanya belajar dari bangku sekolah dan buku saja, tetapi mereka juga telah melalui pengalaman-pengalaman kehidupan yang mereka jalani. Dengan istilah lain, kita untuk bisa menjadi seorang yang ahli di bidang yang kita cintai, kita tidak hanya cukup dengan bekal teori-teori saja, tetapi juga haruslah dipraktekkan dalam bentuk pengajaran atau pengamalan lebih lanjut.

          Apabila kita mau menjadi orang yang ahli dalam bidang ilmu, pekerjaan, dan profesi tertentu, maka kita harus mendalami dan menekuni bidang tersebut dengan sebaik-baiknya. Di samping itu, kita juga harus memiliki dasar cinta atau memiliki kecintaan terhadap bidang ilmu atau pekerjaan tersebut. Jangan sekali-kali kita mengira bahwa kesuksesan itu akan datang tersaji begitu saja di hadapan kita. Namun kesuksesan yang sangat berharga adalah kesuksesan yang diperoleh melalui kerja keras, kesungguhan dalam berusaha dan juga dalam berdo'a kepada ALLAH SWT. 


الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

 

* Referensi Bacaan
Penulis terinspirasi dari buku 'Kunci Sukses' yang ditulis oleh Syaikh Dr. 'Aidh Abdullah Al-Qarni. 

~Semoga Bermanfaat~

 آمين يَـالله

Tidak ada komentar:

Posting Komentar